Fungsi utama bimbingan yang didukung oleh layanan pembelajaran ialah
fungsi pemeliharaan yang pengembangan yang akan menghasilkan
terpelihara dan terkembangkannya berbagai potensi dan kondisi positif
anak didik dalam rangka perkembangan dirinya secara mantap dan
berkelanjutan.
Menurut Prayetno dalam bukunya ”Bimbingan dan
Penyuluhan di Sekolah” mengemukakan ada lima fungsi pokok pelayanan
bimbingan yaitu :
a. Pengenalan diri
Upaya utama didalam
bimbingan dalam rangka menemukan dan memberikan pemahaman terhadap
potensi dan kemampuan bakat dan minat, kebutuhan-kebutuhan, sifat-sifat
kepribadian, permasalahan dan kesulitan-kesulitan para siswa sesuai
dengan fakta, data dan impormasi dirinya sehingga ia dapat menggali
dirinya secara utuh dan menyeluruh agar dapat disalurkan dengan
sewajarnya.
b. Pencegahan masalah
Di dalam bimbingan terhadap
upaya provinsip (pencegahan) dan kuratip (penyuluhan) terhadap segala
permasalahan, baik yang belum terjadi maupun yang sedang mengalami
kesulitan didalam memecahkannya, kemudian berupaya meluruskan agar para
siswa dapat berbuat dan bertindak tanpa adanya ketergantungan kepada
orang lain.
c. Kesejahteraan sekolah
Bimbingan dapat
mengefektifkan segala tujuan yang ingin dicapai di sekolah, disamping
membantu petugas-petugas sekolah terutama Kepala Sekolah dan guru-guru
di dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi atau iklim sekolah yang
harmonis, sehat dan dinamis bagi keberhasilan pendidikan dan pengajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar